Sabda Semesta dalam UGM Berpuisi

Sebagai rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-69, Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan UGM Berpuisi pada Selasa (30/10/2018) dengan melibatkan segenap tenaga pendidik, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan Mitra UGM. Berlangsung di Balairung Gedung Pusat, acara ini juga bertujuan untuk menghimpun aktivitas berpuisi di lingkungan UGM.

Selaras dengan tema Dies yang diusung tahun ini yaitu “Keunggulan Inovasi Sainteks UGM untuk Persatuan dan Kedaulatan Bangsa”, puisi yang ditulis dan dibacakan berkaitan dengan bidang sains, teknologi, dan budaya. Karya kreatif dari para penulis puisi terlihat dari beberapa judul puisi, seperti Sabda Semesta karya Prof. Arif Budiman, Supramolekul karya Prof. Harno Dwi Pranowo, Malam Bersama Andromeda karya Dr. Novi Indrastuti,, 737 Bukan “Wiro Sableng” karya Suci Kusnanto, Kodrat Alam Semesta karya Prof. Cahyono Agus, dan ada juga geguritan (puisi dalam bahasa Jawa).

Puisi dibacakan oleh Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, para guru besar di lingkungan UGM, Dekan, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga mitra UGM yang sudah lama berkecimpung dalam bidang puisi dan sastra. Ons Untoro mitra UGM akan membacakan puisi karyanya dan Yanti S. Prayitno alumni UGM akan menembangkan karyanya yang berjudul Rikala Panguripan Sinawang Ing Gelas Kimia.

Dalam acara tersebut, Rektor UGM meluncurkan Antologi Puisi “Kepak Sayap” yang terdiri atas 211 puisi dan ditulis oleh mahasiswa FIB UGM yang terhimpun dalam Sanggar Lincak. Pada kesempatan yang sama, dikenalkan juga “Forum UGM Berpuisi” yang akan menjadi wahana atau wadah berpuisi di lingkungan UGM sehingga dapat digunakan sebagai sarana berkomunikasi antarsivitas akademika UGM.

Diharapkan kegiatan “UGM Berpuisi” ini dapat berkelanjutan. Karya-karya puisi yang sudah terkumpul apabila jumlahnya sudah memadai rencananya akan diterbitkan menjadi sebuah antologi puisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *