Latar Belakang

Universitas Gadjah Mada yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 di Yogyakarta, berdasarkan PP No 68/2013, menjadi perguruan negeri badan hukum yang mengelola bidang akademik dan non-akademik secara otonom. UGM mempunyai jati diri sebagai: a. universitas nasional, b. universitas perjuangan, c. universitas Pancasila, d. universitas kerakyatan; dan e. universitas pusat kebudayaan.

Acara Dies Natalis ke-68 UGM ini diharapkan tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan Universitas, namun juga sebagai agenda untuk mempercepat pencapaian visi UGM menjadi pelopor Perguruan Tinggi nasional berkelas dunia yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Dies Natalis UGM sebagai bagian dari kehidupan kampus menjadi salah satu upaya untuk memperkokoh jati diri “berakar kuat” pada nilai-nilai dasar Indonesia dan “menjulang tinggi” dengan reputasi nasional dan internasional. Tema Dies Natalis Tahun 2017 adalah “Bersama UGM Bela Bangsa dan Negara”. Tema tersebut menjadi pengingat bahwa UGM bermaksud menegaskan kembali posisinya sebagai lembaga pendidikan yang akan menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan kebangsaan melalui ilmu pengetahuan, teknologi serta budaya yang berpedoman pada prinsip-prinsip kesetaraan, keadilan dan penghormatan atas segala bentuk kebhinnekaan yang dimiliki anak bangsa.